www.AlvinAdam.com

Berita 24 Maluku Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Perkumpulan Literasi Sulut Donasikan 230 Kilogram Buku untuk ...

Posted by On 11.39

Perkumpulan Literasi Sulut Donasikan 230 Kilogram Buku untuk ...

Perkumpulan Literasi Sulut Donasikan 230 Kilogram Buku untuk Literasi Timur Indonesia

Perkumpulan Literasi Sulut (PLS) mendonasikan buku sebanyak 230 kilogram dalam program "sejuta literasi buku"

Perkumpulan Literasi Sulut Donasikan 230 Kilogram Buku untuk Literasi Timur IndonesiaTRIBUNMANADO/INDRY PANIGOROPerkumpulan Literasi Sulut (PLS) mendonasikan buku sebanyak 230 kilogram dalam program "sejuta literasi buku" untuk literasi Timur Indonesia, pada Kamis (17/05/2018) siang.

TRIBUNMANADO.CO.ID --- Perkumpulan Literasi Sulut (PLS) mendonasikan buku sebanyak230 kilogram dalam program "sejuta literasi buku" untuk literasi Timur Indonesia, pada Kamis (17/ 05/2018) siang.

Dalam sejuta literasi buku ini dilaksanakan tepat dengan peringatan hari buku Nasional pada 17 Mei.

mengatakan total buku yang didonasikan di hari buku ini ada 230 kilogram.

"Totalnya setelah ditimbang ada 230 kilogram dengan total pack, ada 23 dos dengan kalkulasi isi per dos seberat 10 kilogram yang di isi berbagai buku," jelas Founder PLS, Faradila Bachmid kepada tribunmanado.co.id pada Kamis (17/05/2018) sore.

Buku-buku tersebut akan dikirim ke berbagai taman baca yang ada di Manado dan di berbagai kabupaten kota yang ada di Sulut serta diberbagai daerah yang ada dalam wilayah Indonesia Timur.

"Ini kita bagi di 9 taman baca di Manado, dan sisanya di berbagai kabupaten kota yang memiliki taman baca. Selain itu juga ada keterwakilan 4 taman baca di Maluku Utara, dan 3 taman baca di Gorontalo," jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan jika yang menjadi kendala pihak literasi adalah so tarif pengiriman b uku

"Selama ini kendala yang dialami para pegiat baca, adalah tarif pengiriman buku yang mahal dan transportasi yang sulit di berbagai daerah. Terutama kawasan terpencil," pungkasnya.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Manado, Sugandhi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pihaknya membebaskan biaya pengiriman buku untuk setiap pengiriman setiap tanggal 17. Namun, ini hanya berlaku untuk aktivis literasi ke seluruh pelosok Indonesia.

Dia mengatakan Kantor Pos Indonesia pusat telah memiliki mekanisme untuk merealisasikan program bebas biaya ongkos kirim buku melalui perusahaan angkutan barang milik pemerintah itu.

Pengiriman bebas biaya ini tidak bisa dilakukan di agen-agen pos. "Harus di kantor pos," ungkapnya.

Selain itu paket pengiriman juga dibatasi 10 untuk satu pengiriman dalam satu bulan.

"Pengiriman bukunya itu harus ditujukan kepada aktivis literasi atau taman bacaan masyarakat. Nanti ada daftar alamat yang sudah ditentukan, jadi pengiriman yang bersifat kepentingan pribadi maka tidak bisa digratiskan," jelasnya.

Sekadar diketahui, kebijakan bebas biaya pengiriman buku ke seluruh wilayah Indonesia itu diterapkan Presiden Joko Widodo hasil masukan dari para pegiat minat baca karena mereka merasa tarif pengiriman buku yang mahal ke daerah-daerah terpencil.

Penulis: Indry Panigoro Editor: Aldi_Ponge Sumber: Tribun Manado Ikuti kami di Walikota Risma Sujud dan Minta Maaf di Hadapan Para Takmir, Begini Reaksi Anak Buahnya Sumber: Google News | Berita 24 Malut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »