www.AlvinAdam.com

Berita 24 Maluku Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BBPP Kupang Gelar Pelatihan Dasar Penyuluh Pertanian ...

Posted by On 15.17

BBPP Kupang Gelar Pelatihan Dasar Penyuluh Pertanian ...

BBPP Kupang Gelar Pelatihan Dasar Penyuluh Pertanian, Pesertanya dari Berbagai Daerah Indonesia.

para peserta mampu menyusun program tingkat desa, melakukan Rencana Kerja Tahunan Pertanian (RKTP), dan membuat materi penyuluhan

BBPP Kupang Gelar Pelatihan Dasar Penyuluh Pertanian, Pesertanya dari Berbagai Daerah Indonesia.pos kupang.com, lexy manafePeserta sedang melakukan perncanaan kerja di rumah ketua kelompok Sukamaju, di Desa Bolok.

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Lexy Manafe

POS-KUPANG.COM|KUPANG- Sebanyak 12 orang dari NTT, Flores, dan Maluku Utara serta Maluku Tenggara mengikuti diklat dasar fungsional bagi penyuluh pertanian terampil di Desa Bolok, Selasa (8/ 5/2018).

Widyaiswara ahli utama Balai Besar Pelatihan Pertanian Kupang, Wiwiek Yuniarty Costa, mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu kewajiban bagi para penyuluh pertanian di tingkat terampil.

Menurutnya, mereka harus melalui diklat tersebut karena kegiatan ini merupakan suatu syarat kenaikan pangkat bagi para peserta.

"Ini untuk syarat naik pangkat mereka jadi para peserta menjalani pembekalan selama sepuluh hari kemudian mereka akan melakukan pendalaman di lapangan yang biasanya disebut praktek kompetensi," jelas Wiwiek.

Diharapakan dengan adanya kegiatan ini, para peserta mampu menyusun program tingkat desa, melakukan Rencana Kerja Tahunan Pertanian (RKTP), dan membuat materi penyuluhan untuk mengatasi masalah usaha tani atau pengembangan pertanian.
"Jadi harap mereka bisa mengidentifikasi potensi wilayah dengan mwnggunakan teknik PRA (Partisipative Rural Appraisal). Artinya mereka harus mampu menggali potensi wilayah secara parti sipatif," ungkapnya.

Wiwiek menambahkan, untuk angkatan pertama, ada tiga desa kecamatan Kupang Barat yang dipilih untuk pelaksanaan kegiatan itu.

Tiga desa yang ada di Kecamatan di Kupang Barat adalah Desa Bolok, Oetmanunu, dan Sumlili.

Sedangkan untuk angkatan ke dua ditempatkan di kecamatan Kupang Tengah yaitu Noelbaki, kelurahan Tarus, Mata Air.

Rencananya kegiatan diklat dasar fungsional bagi penyuluh pertanian terampil di desa Bolok akan berlangsung selama tujuh hari.

"Mereka di sini sudah enam hari dan besok adalah hari terakhir. Mereka akan mempresentasikan hasil kerja mereka di kantor camat dan seluruh penyuluh pertanian serta ketua kelompok tani, setelah itu baru mereka kembali ke BBPP" jelas wiwiek.

Widyaiswara ahli utama Balai Besar Pelatihan Pertanian Kupang, Wiwiek Yuniarty Costa foto bersama  peserta dan ketua kelompok    tani Sukamaju, Desa Bolok, Kupang Barat, Selasa (8/5/2018)
Widyaiswara ahli utama Balai Besar Pelatihan Pertanian Kupang, Wiwiek Yuniarty Costa foto bersama peserta dan ketua kelompok tani Sukamaju, Desa Bolok, Kupang Barat, Selasa (8/5/2018) (pos kupang.com, lexy manafe)

Setelah berada di Balai Besar Pelatihan Perternakan Kupang, para peserta akan menjalani pemantapan hasil laporan selama tiga hari dan mempresentasikan hasil laporan mereka kepada para fasilitator BBPP.

Widyaiswara ahli utama Balai Besar Pelatihan Perternakan Kupang ini, berharap, setelah peserta selesai melakukan kegiatan ini, mereka mampu mempraktekan apa yang mereka pelajari di daerah masing-masing setelah mengikuti diklat. (*)

Baca: Bupati Manggarai Panen di Poco Likang. Ini Jenis Tomat dan Kol yang Dipanen

Penulis: Lexy Manafe Editor: Ferry Ndoen Sumber: Pos Kupang Ikuti kami di Gadis Dibakar Pacar Hidup-hidup di Medan, Sempat Berlarian Minta Tolong dengan Tubuh Terbakar Sumber: Google News | Berita 24 Malut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »