www.AlvinAdam.com

Berita 24 Maluku Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Soal Pembentukan Resimen Mahasiswa di Maluku Utara, Ini Kata ...

Posted by On 04.51

Soal Pembentukan Resimen Mahasiswa di Maluku Utara, Ini Kata ...

Wadankonas Menwa Indonesia Erwin H. Al Jakartaty dan Sekretaris DPP IARMI Maluku Utara Kalbi Rasyid, dalam suasana informal saat penyerahan mandat pembentukan Menwa Maluku Utara di Makonas Menwa Indonesia (12/4/18).

JAKARTA, KICAUNEWS.COM â€" Keberadaan Resimen Mahasiswa atau lebih familiar dengan sebutan Menwa tetap relevan di era milenial ini. Organisasi kader muda intelektual yang berwawasan bela negara dan mendapatkan dasar latihan fisik ala tentara ini terus mereposisi diri dengan melakukan pengembangan kapasitas keorganisasian dan keanggotaannya.

Dan baru-baru ini melakukan konsolidasi di Maluku Utara, provinsi Indonesia yang terletak di pinggir Samudra Pasifik.
Pengembangan Resimen Mahasiswa (Me nwa) sebagai organisasi intelektual muda Indonesia berwawasan bela negara, terus berlanjut. Mengingat wawasan kebangsaan dan jiwa bela negara tetap harus di bangun dikalangan generasi muda sebagai upaya mewarisi nilai-nilai juang 45. Dan sangat kontektual di era zaman now, selain itu sesuai dengan semangat dan amanat konstitusi, Pasal 30 UUD 1945. Dimana setiap warga negara wajib dan berhak ikut serta dalam upaya bela negara.
Demikian di sampaikan Wakil Komandan Komando Nasional (Wadankonas) Menwa Indonesia, Erwin H. Al Jakartaty saat menerima kunjungan alumni Menwa Maluku Utara, Kalbi Rasyid, Msc yang bertamu di Markas Konas Menwa Indonesia, Jakarta 12 April 2018.
Kunjungan itu merupakan tindak lanjut dari upaya Konas Menwa dan para alumni Menwa di Provinsi Maluku Utara yang berniat membangun keorganisasian Menwa di provinsi yang terletak dekat wilayah perbatasan RI di sebelah utara hingga mencapai tepian Samudra Pasifik (dari Ternate hingga pulau Morotai).

Hal ini senada dengan grand strategy Konas Menwa Indonesia sebagai induk organisasi kader muda bela negara tersebut, ditingkat pusat. Grand strategy yang di maksud adalah bagaimana upaya Menwa untuk senantiasa aktif membangun nilai-nilai juang 45, kedisiplinan, rasa kebangsaan dan kesadaran bela negara di kalangan mahasiswa sebagai bagian dari generasi muda bangsa. Terutama di wilayah Provinsi yang baru.
Sebagaimana dikenal Menwa bisa dikatakan adalah turunan langsung dari semangat juang tentara pelajar dan corps mahasiswa selama masa perang kemerdekaan dan tetap relevan keberadaannya saat ini, meski dalam perkembangannya sempat pasang-surut dan tak dibina langsung oleh negara sebagaimana dimasa lalu.
Sementara itu, Kalbi Rasyid alumni Menwa Universitas Pattimura Ambon, yang saat ini juga merupakan Sekretaris Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Maluku Utara menambahkan, Kami tetap eksis sebagai alumni Menwa dan aktif di berbagai bidang profesi, kini hendak melakukan ka derisasi kepada para calon intelektual muda yang patriotis dibumi Kei-Raha (Maluku utara).

“Karena itu bersama teman-teman seperjuangan lainnya bermaksud mendirikan Menwa di Maluku Utara untuk itulah kami membangun sinergisitas dengan Konas Menwa Indonesia,” Katanya
Kunjungan Kalbi ke Konas Menwa dalam upaya menerima surat mandat pembentukan Menwa Maluku Utara, yang sudah di ajukan jauh sebelumnya. Kehadirannya sekaligus mewakili DR. Ramli Hadun, Msc, sang penerima mandat oleh Konas Menwa Indonesia menjadi Pejabat Danmenwa Maluku Utara untuk jalankan tugas persiapan realisasi pembentukan Staf Komando Resimen Mahasiswa (Skomenwa), Nama organisasi Menwa yang definitif, termasuk Lambang organisasi dan persiapan pembentukan Satuan Menwa tambahan di beberapa perguruan tinggi di Maluku Utara. Masa berlaku mandat itu selama tiga bulan hingga pengukuhan struktur organisasi Menwa Maluku Utara yan definitif nantinya.
“Dengan latar belakang sebagai akademisi muda, mantan Kasmenwa Mahamaku Maluku, dan rekan seperjuangan yang sama-sama mengikuti Kursus Kader Pemimpin (Suskapin) Menwa angkatan XXIV selama tiga bulan di Pusdikpal TNI AD tahun 1996 silam, kami yakin bahwa Saudara Ramli siap dan mampu menjalankan mandat pembentukan Menwa Maluku Utara ini,” demikian sambutan Erwin H. Al Jakartaty saat menyerahkan surat mandat yang diwakili Kalbi Rasyid.
Selain itu, salah seorang pemimpin Menwa Nasional yang ramah dan murah senyum ini juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Ketua dan Pengurus DPP IARMI Maluku Utara yang masih peduli untuk kaderisasi semangat bela negara dikalangan generasi muda dan bersama-sama mendorong pembentukan organisasi Menwa di Maluku Utara yang setelah pemekaran dari provinsi Maluku sebelumnya memang belum memiliki organisasi Menwa di tingkat provinsi.
Akhirnya Menwa akan eksis mengajak generasi muda bangsa mengenal semangat juang 45 dan jiwa bela negara di tepian Samudra Pasifik. Selamat!

Sumber: Google News | Berita 24 Malut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »