www.AlvinAdam.com

Berita 24 Maluku Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pelaku Maritim Indonesia Belajar dari Tetua Aborijin

Posted by On 03.48

Pelaku Maritim Indonesia Belajar dari Tetua Aborijin

ABC World Pelaku Maritim Indonesia Belajar dari Tetua Aborijin

Tetua masyarakat asli di Pesisir Utara Tengah Australia berbagi pengetahuan tentang kelestarian lingkungan dengan para tokoh kelautan…

Tetua masyarakat asli di Pesisir Utara Tengah Australia berbagi pengetahuan tentang kelestarian lingkungan dengan para tokoh kelautan dan perikanan Indonesia.

Kelompok dari Provinsi Maluku dan Maluku Utara ini melakukan tur selama empat minggu di pesisir timur Australia, melalui Southern Cross University (SCU).

Manajer lahan adat Chels Marshall mengatakan ada kesamaan antara budaya, khususnya dalam kekeluargaan, struktur keluarga dan tanggung jawab.

"Masyarakat adat dapat mengelola k ampung, lanskap, spesies dan ruang laut," kata Marshall.

"Sudah dikelola selama ribuan tahun dan dengan masuknya konsep-konsep barat banyak kampung telah menjadi salah urus."

Sekitar 30 persen ikan Indonesia bersumber dari perairan sekitar Maluku, menjadikan provinsi bagian timur menjadi bagian integral dari perekonomian negara.

Namun menurut hukum adat, yang bukan pemelihara tidak diizinkan untuk memancing di perairan tradisional.

Salah satu peserta, Eugenius Renjaan dari Politeknik Tual mengatakan munculnya perikanan industri mengancam hak-hak pribumi dan dapat berdampak pada penghidupan masyarakat setempat.

Ia meminta peraturan pemerintah yang lebih kuat untuk melindungi hak-hak itu.

"Cara pemerintah Australia menghormati hak tradisional, kami berharap dapat berbicara dengan pemerintah kami untuk melakukan cara yang sama," katanya.

Fisherman Idris in his boat off the Natuna islands Photo: Nelayan tradisional Indonesia merasa terancam oleh industri perikanan. (ABC News: Samantha Hawley) Halaman selanjutnya 123 Sumber: ABC Radio Australia Ikuti kami di Terungkap Profesi Wanita yang Mau Kabur dan Marah Setelah Tabrak Driver Ojol hingga Kakinya Putus Sumber: Google News | Berita 24 Malut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »