www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Perluas Distribusi Rupiah hingga Desa, Bank Indonesia Andalkan ...

Posted by On 04.54

Perluas Distribusi Rupiah hingga Desa, Bank Indonesia Andalkan ...

Perluas Distribusi Rupiah hingga Desa, Bank Indonesia Andalkan Program BI Jangkau

Perluas Distribusi Rupiah hingga Desa, Bank Indonesia Andalkan Program BI Jangkau

Perluas Distribusi Rupiah hingga Desa, Bank Indonesia Andalkan Program BI JangkauISTKepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Suhaedi saat memberikan paparan program BI Jangkau.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nina

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Suhaedi, memaparkan program BI Jangkau merupakan program peningkatan layanan kas untuk menjangkau masyarakat di wilayaha kecamatan atau desa melalui optimalisasi jaringan kantor ban k, pegadaian, penyelenggara jasa pengolahan uang rupiah (PJPUR) dan pihak lainnya.

(Baca: 7 Fakta Maut Tiga Bersaudara di Air Hitam! Nomor 3 Detik-detik Paling Mengerikan )

"Yang dimaksud dengan pihak lainnya adalah BPR, Lembaga Non Bank/LNB dan lembaga keuangan non bank/LNKB," jelasnya saat mengisi materi di Pelatihan Wartawan Ekonomi Daerah, di Jakarta.

Menurutnya sudah menjadi tugas dari BI sebagai lembaga yang berwenang mengedarkan rupiah kepada masyarakat.

Namun, BI dapat melakukan sinergi dengan pihak eksternal dalam mengoptimalkan kegiatan distribusi uang dan layanan kas ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya dalam rangka clean money policy.

(Baca: Korban Kecelakaan Air Hitam Butuh Donor 20 Kantong Darah )

"Sejak tahun 2015 sampai dengan November 2017, telah dibuka 67 Kas Titipan (KT) baru, jadi total sekarang sudah 102 diseluruh Indonesia. Artinya ini sudah menjangkau 97,5 persen tota l coverage Indonesia. Bahkan saat ini sudah disetujui 10 KT ( menunggu proses pembukaan) dan 2 KT lagi yang masih dalam proses persutujuan," beber Suhaedi di depan 580 jurnalis ekonomi yang hadir di ballroom Hotel Grand Sahid Jaya.

(Baca: Ngeri! Kecelakaan Hebat di Jalan Raya Pontianak-Sungai Pinyuh, Kondisi Korban Bikin Sedih )

Dia menuturkan saat ini telah dilakukan Pilot Project di delapan propinsi untuk program BI Jangkau tersebut.

Yakni di Kepri, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, NTT, Maluku Utara dan Papua.

Kick off Pilot Project BI Jangkau sudah dilakukan pada 17 Juli lalu di PLBN Mota'ain NTB.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan perjanjian pelasanaan pilot project antara BI dengan Direksi Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Pegadaian, BPD di PLBN Mota'ain.

Penandatangan ini turut diikuti 7 provinsi lainnya.

"BI Jangkau Layanan Pos Lintas Batas Negara bertuj uan dalam rangka clean money policy serta memenuhi kebutuhan uang rupiah di wilayah perbatasan Indonesia, dilakukan penempatan ATM Merah Putih dan KUPVA di PLBN Kalimantan Barat seperti di Entikong, Aruk, Badau. Lalu untuk di Papua itu di Skow serta di NTT dilakukan di Mota'ain," rincinya lagi.

Penulis: Nina Soraya Editor: Nasaruddin Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Guru Perempuan Paksa Muridnya Berhubungan Badan! Ancamannya Bikin Mikir Dua Kali Sumber: Google News | Berita 24 Malut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »