www.AlvinAdam.com


Berita 24 Maluku Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Keren, Pohon Natal di Garut Ini Terbuat dari Botol Plastik

Posted by On 23.46

Keren, Pohon Natal di Garut Ini Terbuat dari Botol Plastik

Rabu 20 Desember 2017, 13:56 WIB Keren, Pohon Natal di Garut Ini Terbuat dari Botol Plastik Hakim Ghani - detikNews Keren, Pohon Natal di Garut Ini Terbuat dari Botol PlastikFoto: Hakim Ghani Garut - Berbagai persiapan terus dilakukan umat kristiani di Garut, Jawa Barat untuk menyambut datangnya Hari Raya Natal 2017. Salahsatunya, membuat pohon natal istimewa.
Unik, sebab pohon tersebut terbuat dari bekas botol air mineral yang dirangkai. Pohon setinggi 10 meter itu berdiri megah di dalam Gereja Injili Indonesia, Jalan Bratayuda, Garut Kota.
Lie Mang Sin (55), pembuat pohon menjelaskan pohon tersebut dibuat selama dua pekan oleh sekitar 13 peraj in yang merupakan jemaat gereja.
"Dari botol plastik. Jadi botol itu disusun, dibikin seperti batu kristal, kemudian dipasang di tiang," ungkap Lie kepada wartawan di Gereja Injili Indonesia, Rabu (20/12/2017).

Keren, Pohon Natal di Garut Ini Terbuat dari Botol PlastikFoto: Hakim Ghani

Dilengkapi dengan lampu beragam warna, pohon ini memancarkan cahaya gemerlap seperti batu mulia jika dilihat saat ruangan gelap. "Dibikin seperti batu kristal. Kebetulan kita punya laser, kalau dilihat malam seperti batu kalimaya (batu akik)," katanya.
Butuh sekitar 10 ribu botol plastik seberat 1 kuintal untuk membuat pohon natal raksasa ini. Botol-botol tersebut dikumpulkan dari sumbangan jemaat gereja.
Proses pembuatan pohon natal dari botol plastik ini cukup rumit. Lie mengaku sulit saat memasang botol yang sudah berbentuk kristal di bagian puncak. "Termasuk saat pasang lampu-lampu di setiap bagian samping pohon juga," ungkapnya.
Sebelumnya pada tahun 2014 yang lalu, jemaat gereja ini juga pernah membuat pohon natal berbahan serupa. Namun ketinggiannya tidak seperti tahun ini.
"Hasil pengumpulan jemaat gereja enggak cukup, akhirnya kita beli dari rongsok. Ini semua hampir satu kuintal," ujar Lie.
Keren, Pohon Natal di Garut Ini Terbuat dari Botol PlastikFoto: Hakim Ghani

Jemaat Gereja Injili Indonesia ini dikenal kerap membuat pohon natal unik berbahan limbah dan barang tak terpakai tiap kali menyambut Hari Raya Natal. Selain dari bahan botol air mineral bekas, tahun 2016 lalu jemaah gereja membuat pohon natal dengan bahan sedotan plastik.
(ern/ern)Sumber: Google News | Berita 24 Malut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »